Dampak
Positif dan Negatif Penggunaan Komputer Di Dunia Internet
Dampak
Positif :
1. Internet sebagai media komunikasi,
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan
email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data,
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber
informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada
di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi
untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat
penawaran/penjualan.
Dampak
Negatif :
1. Pornografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.
2. Violence and Gore
Kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal
yang bersifat tabu.
3. Carding
Karena
sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu
kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para
penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
4. Perjudian
Dampak lainnya
adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak
perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya.
5. kecanduan game online
a. Mengganggu kesehatan
b. Perubahan pola makan dan istirahat
c. Terbengkalainya kegiatan di dunia
nyataPemborosan
d. Berbicara kasar dan kotor
e. Mendorong melakukan hal-hal negatif
f. Gangguan jiwa
6. Banyak terjadi aksi penipuan dengan
membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah. Programer yang terkenal
dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual
belikan, serta dapat merusak system orang.
Dampak positif dan Negatif komputer dalam bidang pendidikan
Dampak
Positif :
1. Dengan adanya komputer memudahkan para
guru maupun pegawai sekolah dalam memproses nilai siswa ,kehadiran siswa,
pembayaran sekolah , pembuatan jadwal,dll
2. Mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas
menambah pengetahuan dan wawasan semakin luas
3. Inovasi dalam pembelajaran semakin
berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses
pendidikan
4. Informasi yang dibutuhkan akan semakin
cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan
5. Selain berdampak positif , komputer juga
bisa berdampak negatif ,seperti;
6. Kemajuan TIK juga akan semakin
mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap hak atas kekayaan intelektual
(haki) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat
plagiatis akan melakukan kecurangan.
Dampak Negatif
:
1. Anak, kemungkinan besar tanpa
sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur
seperti kekerasan dan agresivitas.
2. Akses negatif lewat internet
3. Pengaruh negatif lain bagi anak, adalah
kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain
komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun
melakukan aktivitas sosial.
4. Kecanduan bermain komputer bisa terjadi
terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer.
Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain
komputer.
Dampak positif dan negatif penggunaan
komputer dalam bidang industri
Dampak
positif :
1. Proses produksi menjadi lebih cepat
dengan menggunakan teknologi komputer proses produksi menjadi lebih cepat
dibandingkan dengan dikerjaakan secara manual
2. Produktivitas meningkat, mesin –mesin
berteknologi komputer mampu produksi
barang dengan kuantitas yang banyak sekaligus.
3. Mengurangi resiko kerja. Keselamatan
kerja para pekerja pabrik meningkat.karena pekerjaan yang beresiko dapat
dilakukan / di gantikan oleh robot
4. Mengurangi kesalahan, dengan komputer ,
perusahaan dapat meminimalkan kesalahan – kesalahan yang terjadi selama proses
produksi karena ketepatan komputer.
Dampak
negatif :
1. Mengurangi kesempatan kerja,dengan sistem
otomsasi industri, semua tugas manusia digantikan oleh mesin-mesin dan aplikasi
komputer
2. Biaya perawatan dan pemeliharaan mesin
dan robot dalam bidang industri relatif mahal
3. Kurangnya sumber daya manusia yang mampu
mengontrol dan menjalankan alat – alat berteknologi canggih seperti itu
4. Pemborosan energi ,setia mesin
membutuhkan energi untuk bisa beropersasi misalnya energy listrik atau bahan
bakar.
Dampak positif dan Negatif Komputer Dalam Bidang Kesehatan
Dampak
positif :
Ditemukannya
mikroskop, sinar-X, antibiotik, obat-obat bius, transplantasi vaksinasi bidang
kedokteran dan pengobatan dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat telah
maju dengan pesat. Penemuandalam bidang-bidang tersebut telah membebaskan
manusia dari bahaya maut, akibat penyebaran wabah penyakit yang mengerikan
seperti cacar, typus, malaria, TBC, tumor, kanker, dan lain-lain.
Ditemukannya
alat-alat pengganti organ tubuh manusia yang telah rusak. Misalnya mata (baik
mata buatan maupun donor mata), ginjal dan jantung.
Diketemukannya
keahlian dalam bidang operasi plastik, sehingga hidung yang pesek dapat menjadi
mancung, dan lain-lain.
Diketemukannya
tata menu makan setiap hari. Dengan diketemukannya cara ini, sebagian besar
masyarakat telah mengatur menu makan dengan zatvitamin sehingga dapat
memperlambat keausan setiap organ tubuh manusia dengan begitu akan memberi
kesempatan untuk lebih lama.
Diketemukannya
peralatan untuk mengolah sampah dan limbah sehingga sampah dan limbah tidak
lagi mengganggu kelangsungan hidup manusia
Dampak
negatif :
Dampak
negatif psikologi yang ditimbulkan dari komputer antara lain :
1. Anti
Sosial
Sikap dan perilaku
anti sosial terbentuk dari terpaan isi program dari fitur yang diciptakan dari
media ini komputer. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software
komputer adalah permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa
menggunakan komputer untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing.
Contohnya saja mahasiswa-mahasiswa bermain permainan olahraga atau
perang-perangan seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam
komputer.
Berdasarkan
penelitian eksperimen dalam buku yang ditulis Andersen, permainan komputer
dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan kekerasaan yang sama
seperti terpaan dalam prgram televisi. Bahkan sebuah penelitian menyatakan
bahwa permainan video (video games) memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat
anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau
pun pengalaman kehidupan yang bersinggungan dengan kekerasan.
2. Computer
Anxiety (kecemasan, ketakutan terhadap komputer)
Ketakutan
terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa
komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkant yang dirasakan
terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran.
Penyebab ketakutan mereka ada banyak hal dan salah satunya karena ketakutan
mereka akan mendapatkan bencana dengan menekan kunci yang salah. Dalam hal ini
ketakutan mereka dihubungkan dengan tingkat privasi yang dapat ditembus karena
kesalahan mereka menekan tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada
dalam internet. Penyebab lainnya adalah perasaan lepas kendali yang dirasakan
orang-orang non teknis atau tidak memilki kemampuan teknis pada komputer ketika
dihadapkan pada sistem teknis yang kompleks dan menyulitkan.
3. Adiksi
terhadap internet
Komputer
juga dapat membuat kecenderungan adiksi pada semua orang yang menggunakan
komputer. Perasaan ini mendorong orang untuk terus-menerus menggunakan komputer
layaknya orang yang mengidap ketagihan narkotika. Komputer beserta fitur yang
ditawarkannya secara tidak sengaja membentuk komputer menjadi sperti obat yang
harus diminum dan jika tidak diminum akan menimbulkan rasa sakit tersendiri
yang dialami para penggunanya. Situs-situs yang ada dalam internet dengan jasa
dan layanan yang ditararkan dapat memenuhi kepuasan dan kebutuhan orang yang
memakainya.
Sedangkan
Efek Negatif terhadap kesehatan manusia yang ditimbulkan oleh teknologi
komputer adalah antara lain :
1.
RadiasiMonitor
Mata adalah
organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat kerja, karena terlalu
sering memfokuskan bola mata ke layar monitor. Tampilan layar monitor yang
terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu,
oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata.
2.
Terganggunya Syaraf
Printer yang
menggunakan sistim buble jet kebisingannya relatif lebihrendah bila
dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat ini printer yang paling
rendah kebisingannya adalah sistim laser printer. Kebisingan yang tinggi dapat
mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun
rasa nyeri.
3.
Repetitive Strain Injury (RSI)
RSI
merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan
kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan
sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja
(Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan berlebihan yang
berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries).
Tapi
kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si
pemakainya, dan saya yakin bahwa komputer di ciptakan bukanlah untuk membuat
hal yang buruk, tetapi untuk membantu manusia dalam mempermudah segala bidang
pekerjaan.
ini referensinya darimana?
BalasHapusArtikelnya bagus juga sangat bermanfaat, eh perkenalan juga nama saya Samsiyatul Rosyidah (1811500054) dari STMIK Atma Luhur Pangkalpinang jangan lupa jugamampir ke website kami ya (https://www.atmaluhur.ac.id) terimakasihhh
BalasHapus